Lomba Defile dan Senam Gemufamire USU Disambut Antusias pada HUT RI ke-73

Lomba Defile dan Senam Gemufamire USU Disambut Antusias


Ditayangkan: 20 Agustus 2018

MEDAN – HUMAS USU : Berbagai perlombaan yang digelar Universitas Sumatera Utara (USU) dalam menyemarakkan  HUT ke-73 RI yang dimulai pada Rabu (15/8) masih berlanjut pada Kamis (16/7), yang diisi dengan lomba defile dan senam Gemufamire. Para peserta lomba defile dilepas Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, didampingi para Wakil Rektor, Sekretariat Universitas dan para pimpinan lembaga serta unit kerja yang ada di USU, di pelataran Gedung Biro Pusat Administrasi USU.

Defile 1

Pergerakan para peserta defile terasa semakin meriah dengan iringan musik dari grup marching band USU serta tetabuhan dan lantunan lagu-lagu perjuangan yang dikumandangkan oleh para peserta defile. Beberapa peserta defile terlihat tampil antusias dengan berbagai balutan busana daerah dan manca negara, juga disain unik lainnya. Salah satunya adalah apa yang ditampilkan oleh tim defile yang berasal dari Fakultas Ilmu Budaya USU. Para peserta terlihat mengenakan busana Tiongkok, Jepang dan lain-lain yang disesuaikan dengan program studi yang ada di fakultas tersebut. Sementara tim defile yang berasal dari Biro Pengelolaan Aset dan Usaha mengusung berbagai perlengkapan kerja yang biasa mereka gunakan sehari-hari.

Defile 2

Dalam perjalanan mengelilingi kampus USU, para peserta defile meneriakkan bermacam yel-yel yang membangkitkan semangat, melantunkan lagu-lagu nasional serta mempertontonkan atraksi khusus yang ditujukan untuk mendapatkan nilai terbaik bagi timnya masing-masing. Kekompakan tim, atribut khas, busana dan kerapian barisan merupakan unsur-unsur yang dinilai dewan juri untuk mencari pemenangnya. Atraksi khusus juga dipertunjukkan masing-masing peserta defile di depan Rektor USU dan seluruh jajaran Rektorat setelah menuntaskan rute perjalanan, bertempat di lobi Gedung Biro Pusat Administrasi USU. Kehadiran para peserta defile juga turut menyita perhatian warga masyarakat di sekitar kampus USU maupun yang tengah melintas di kawasan tersebut. Tak sedikit pula yang mengabadikan aksi para peserta defile dengan menggunakan kamera gawai masing-masing.

Defile 10

Selain defile, pada hari yang sama juga diperlombakan Senam Gemufamire. Pertunjukkan ini menyedot banyak perhatian dari para pegawai dan civitas akademika USU. Para peserta menyuguhkan senam Gemufamire dalam beraneka bentuk koreografi dan modifikasi dari gerakan senam aslinya. Koreografi opening dan ending senam merupakan salah dua hal yang memperkuat penilaian dewan juri atas tim-tim yang tampil.

Defile 4

Adapun para pemenang dari perlombaan defile yakni Juara I tim Laboratorium Ilmu-Ilmu Dasar dan Alam (LIDA), Juara II tim Biro Pemeliharaan dan Pengembangan Aset serta Juara III tim Fakultas Kesehatan Masyarakat. Sedangkan pemenang lomba senam Gemufamire adalah tim dari Fakultas Kedokteran Gigi USU, Juara II tim Fakultas Kesehatan Masyarakat USU dan Juara III tim  Perpustakaan USU. (Humas)