USU Tandatangani Kerjasama dengan Dinas Kominfo dan PT Telkom

MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara menandatangani perjanjian kerjasama dengan Dinas Kominfo Sumut dan PT Telkom, bertempat di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu, Selasa (20/3).  Perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh Kadis Kominfo Prov Sumut, Drs Mhd. Fitriyus, SH, MSP, dan Wakil Rektor III USU, Drs Mahyuddin, K.M Nasution, MIT, Ph.D, itu berfokus pada Percepatan Pembangunan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Adapun ruang lingkup perjanjian kerjasama ini meliputi penyediaan dan pemanfaatan tenaga ahli dari USU yang dapat membangun serta mengembangkan Smart Province berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki. Nantinya penyediaan dan pemanfaatan tenaga ahli tersebut  akan ditugaskan sebagai tenaga pendamping dalam Tim Percepatan Pembangunan dan Pengembangan Layanan Smart Province.

Telkom 2Perjanjian kerjasama ini menyusul kegiatan peluncuran aplikasi Sumut Smart Province (SSP) yang diresmikan oleh Gubsu, T Erry Nuradi, di tempat dan waktu yang sama. Aplikasi ini merupakan pertama kalinya di Indonesia yang terintegrasi dengan kabupaten/kota dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Menurut Gubsu, kehadiran aplikasi SSP merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kepada masyarakat dengan memanfaatkan jaringan elektronik berbasis online. Gubsu berharap, langkah ini dapat menjadi momentum awal untuk mengembangkan pola inovatif lainnya.

Telkom 1SSP merupakan pembangunan infrastruktur, audio visual dan berbagai aplikasi dengan sistem informasi teknologi, yang bertujuan sebagai pusat informasi dan pelayanan terhadap masyarakat. SSP juga akan mendorong terwujudnya good governance dan clean governancedengan melaksanakan e-government, yaitu pelaksanaan APBD mulai e-planning, e-budgetting sampai dengan e-performance.

Perjanjian kerjasama ini merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh Pemprovsu terhadap potensi ahli-ahli IT yang berasal dari USU dalam mendukung kemajuan pembangunan di provinsi Sumut, khususnya terkait pembangunan berbasis teknologi.