Jam Pelayanan Rawat Jalan

garis.JPG

 

jadwal pelayanan_baru.jpg

 

PEMBERITAHUAN

PENUTUPAN SEMENTARA WAKTU RSGM USU DALAM PENCEGAHAN VIRUS CORONA (COVID-19)

 

 

Pengunjung yang terhormat, 

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU, Sebagai Upaya Bersama Untuk Mencegah Virus Corona (COVID-19), maka dengan ini Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU Menutup Seluruh Kegiatan Operasional Terhitung Tanggal 24 Maret 2020 hingga waktu yg belum dapat dipastikan dan akan di informasikan ketika RSGM kembali beroperasional. Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya.

Atas Perhatiannya Kami Ucapkan Terima Kasih.

 

 

 

 

  • Rencana Strategi Universitas Sumatera Utara (Renstra USU) 2015-2019  disusun berdasarkan visi dan misi Universitas Sumatera Utara seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tanggal 28 Februari 2014 tentang Statuta Universitas Sumatera Utara, dan dengan mempedomani Dokumen Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang serta Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bidang Pendidikan Tinggi. Adapun pada program kerja ke-12, yaitu membangun pengakuan dan reputasi, dengan kebijakan menjadikan USU sebagai universitas yang mendapat pengakuan dan reputasi nasional dan internasional, sub program kerja membangun unit khusus yang bertugas menginventarisasi, mendorong, dan memfasilitasi segala sesuatu yang dapat meningkatkan reputasi dan pengakuan terhadap USU, maka dengan ini Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara membangun salah satu unit khusus untuk pelayanan penunjang akademik di bidang kesehatan gigi dan mulut yang akan menghasilkan lulusan dokter gigi.

    Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara sebagai salah satu institusi penunjang pendidikan dokter gigi yang diharapkan mampu meningkatkan penyelenggaraan proses belajar mengajar di Fakultas Kedokteran Gigi dan memiliki nilai penggunaan yang sangat tinggi. Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) telah menyusun Standar Pendidikan Profesi Dokter Gigi Indonesia yang mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2004 tentang praktik kedokteran. Standar pendidikan dan standar kompetensi untuk pendidikan dokter gigi di Indonesia telah selesai disusun secara bersama. Akan tetapi, evaluasi terhadap standar-standar tersebut tetap diperlukan seiring dengan terjadinya perubahan-perubahan kondisi dari waktu ke waktu.

    Rencana strategis Rumah Sakit Gigi dan MulutUSUmempunyai visi dan misi yang mengedepankan sisi pelayanan, pendidikan dan penelitian, Visi dan Misi RSGM USU.  Visi RSGM USU Yaitu  " Visi RSGM USU adalah sebagai rumah sakit gigi dan mulut yang mendukung progam studi kedokteran gigi pada tahun 2030 diwilayah indonesia barat dan mendukung progam kesehatan gigi nasional." dengan Misi Melaksanakan pendidikan dan pengembangan profesi Kedoketran Gigi Integrasi sesuai dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan gigi dan mulut dengan memanfaatkan kemajuan IPTEK secara tepat untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat. Memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut terintegrasi. Mempersiapkan dan melaksanakan penelitian serta pengabdian masyarakat di bidang kesehatan gigi dan mulut. Membuka peluang kerja sama lintas sektoral, lintas progam dengan universitas lain.".

    Tugas RSGM adalah melakukan pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan mengutamakan kegiatan pengobatan dan pemulihan pasien yang dilaksanakan secara terpadu dengan upaya peningkatan dan pencegahan serta melaksanakan upaya rujukan. Seiring dengan kemajuan dunia kedokteran gigi, diharapkan RSGM dapat melakukan pembenahan dan pengembangan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No.1173/MENKES/PER/X/2004 tentang Rumah Sakit Gigi dan Mulut.

Struktur Organisasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU

 

STRUKTUR ORGANISASI 1

 

ORGANISASI

            Dalam melaksanakan fungsinya sebagai RSGM tentu akan tetap berpedoman kepada Pedoman Penyelenggarakan RSGM RS yang dikategorikan sebagai RS Khusus. RSGM akan dipimpin oleh 1 orang Direktur dibantu 2 orang Wakil Direktur (Wadir).

Wadir 1

            Disebut Wadir YANMEDGIMUL Pendidikan dan Penelitian membawahi Bidang Pelayanan dan Pendidikan dan Penunjang Medis. Bidang pelayanan medik mempunyai seksi-seksi.

           Selain daftar di atas ada SMF (Staff Medic Fungsional) yang terdiri dari Staf untuk memberi pelayanan dan membimbing para dokter muda dari : Bedah Mulut, Konservasi, Pedodonti, Periodonti, Ortodonti, Prostodonti, Penyakit Mulut dan IKGP/KGM.

Wadir 2

            Disebut Wadir Umum, Administrasi dan Keuangan. Wadir ini membawahi : Logistik, Rekam Medik, Amdal/Kebersihan, Keuangan, Perencanaan, Bidang Sarana dan Prasarana.

            Struktur manajemen ini akan dikukuhkan dengan usulan Surat Keputusan Dekan kepada Rektor Universitas Sumatera Utara. Setiap Wakil Direktur mempunyai ruang lingkup pekerjaan serta membawahi sub-sub yang menjadi tanggung jawabnya.

 

Logo RSGM USU

 

Visi

Visi RSGM USU adalah sebagai rumah sakit gigi dan mulut yang mendukung program studi kedokteran gigi pada tahun 2030 diwilayah Indonesia Barat dan mendukung program kesehatan gigi nasional.

 

Misi

Melaksanakan pendidikan pengembangan profesi Kedokteran Gigi Integrasi sesuai dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan gigi dan mulut dengan memanfaatkan IPTEK secara tepat untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat. Memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut terintegrasi. Mempersiapkan dan melaksanakan penelitian serta pengabdian masyarakat di bidang kesehatan gigi dan mulut. Membuka peluang kerja sama lintas sektoral, lintas program dengan universias lain.

 

Falsafah

Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelayanan bidang Kedokteran Gigi berdasarkan Pancasila, beretika, beriman dan bertawqa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

          

Motto

Bekerja secara profesional, bermoral, beretika, berkualitas dan disiplin secara tulus dan ikhlas.

Page 1 of 2