Tentang Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU

GEDUNG RSGM

 

A. Sejarah Singkat

Sejak 25 Agustus 1965, Balai Pengobatan Gigi Fakultas Kedokteran Gigi USU Medan telah menerima pasien sebagai latihan pendidikan. Balai Pengobatan Gigi FKG USU telah berganti nama menjadi Rumah Sakit Gigi dan Mulut ( RSGM) FKG USU.

RSGM terdiri dari delapan klinik, yaitu Klinik Penyakit Mulut (Oral Medicine), Klinik Kesehatan Gigi Anak (Pedodonsia), Klinik Periodonsia, Klinik Ortodonsia, Klinik Prostodonsia, Klinik Bedah Mulut (Oral Surgery), Klinik Konservasi Gigi dan Klinik Pencegahan. Selain itu RSGM juga dilengkapi oleh pelayanan pendukung seperti Radiologi Dental, dan Dental Laboratorium Unit Jasa Industri.

Kualitas sumber daya manusia (SDM) secara bertahap ditingkatkan sehingga di setiap klinik sudah dilengkapi dengan Dokter Gigi Spesialis (Sp1). Sistem manajemen masih terus dibenahi menuju sistem manajemen idealnya suatu manajemen Rumah Sakit. Perbaikan juga dilakukan pada sistem administrasi maupun sistem keuangan sehingga rekam medik dan kontrol internal lebih akurat.

Dengan berjalannya sistem administrasi dan keuangan yang terpadu, terpusat dan merupakan sistem yang tersendiri, RSGMUSU sebagai sub-sistem dari Fakultas Kedokteran Gigi diharapkan lebih mampu mengembangkan diri untuk memenuhi fungsinya sebagai tempat pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi baik untuk pendidikan profesi dokter gigi maupun dokter gigi spesialis. Pengembangan ini juga akan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut secara optimal kepada masyarakat. Selain itu Rumah Sakit Gigi dan Mulut diharapkan akan mampu menjadi pusat pendidikan untuk paramedik dental dan tekniker gigi.

 

B. Izin RSGM

            Izin Resmi RSGM USU telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan RI. Dr.dr.Siti Fadilah Supari,Sp JK (K). Nomor : 1625/Menkes/SK/XI/2005. Berlaku sejak 2 Desember 2005 – 2 Desember 2010.

 

 PROFIL RSGM FKG USU

A.  Sarana dan Prasarana

            RSGM USU adalah sarana pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang juga digunakan sebagai sarana proses pembelajaran, pendidikan dan penelitian bagi profesi tenaga kesehatan kedokteran gigi, serta terikat melalui kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi dan Kolegium Kedokteran Gigi. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1173/MENKES/PER/IX/2004 pasal 8 dan 9, dalam penyelenggaraannya, RSGM USU menyediakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan fungsinya, yaitu menyelenggarakan pelayanan medik gigi dasar, spesialistik, pelayanan penunjang, pelayanan rujukan, pelayanan gawat darurat, pendidikan, penelitian dan pengembangan.

 

 B.   Lokasi

            RSGM USU terletak di dalam Kampus Universitas Sumatera Utara, Jalan Alumni No. 2 Kampus USU Padang Bulan. Kampus FKG USU Padang Bulan terletak di sebelah barat daya kota Medan, tujuh kilometer dari pusat kota. Dapat dengan mudah dicapai masyarakat melalui Pintu I , berdekatan dengan Gelanggang Mahasiswa dan Gedung Pasca Sarjana USU.

 

 C.   Bangunan dan Prasarana

            Secara keseluruhan FKG USU memiliki luas gedung 3334.62 M2, yang sebahagian besarnya digunakan untuk pendidikan. Bangunan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang merupakan Rumah Sakit Gigi dan Mulut meliputi Klinik Rawat Jalan dari 8 bidang spesialistik ( Klinik Bedah Mulut, Klinik Kedokteran Gigi Pencegahan, Klinik Konservasi Gigi, Klinik Orthodonsia, Klinik Paedodonsia, Klinik Periodonsia, Klinik Prostodonsia, Klinik Penyakit Mulut); Ruang Gawat Darurat, Ruang Operasi, Depo Bahan Kedokteran Gigi. Selain itu juga dilengkapi dengan Laboratorium Klinik Gigi (Unit Jasa dan Industri Laboratorium Dental FKG USU) dan unit Radiologi Dental. Bangunan juga dilengkapi Ruang tunggu, Ruang administrasi serta toilet.

Selain bangunan pelayanan kesehatan dan pendidikan, di daerah ini terdapat berbagai fasilitas sosial dan publik seperti taman, mushola dan kantin dan ruang penunjang lain seperti layanan fotocopy dan layanan internet serta areal parkir yang cukup luas. Prasarana tenaga listrik, penyediaan air bersih, komunikasi telepon dan infrastruktur teknologi informasi untuk menunjang pendidikan.

 

 D.   Peralatan

            Sesuai dengan ketentuan persyaratanperalatan yang telah ditetapkan, RSGM FKG USU memiliki 140 Dental Unit dan Dental Chair yang tersebar di seluruh Ruang Pelayanan.. Layanan Radiologi dengan Dental X-Ray, Panoramic X-Ray dan Cephalometric-Ray.Peralatan sterilisasi dengan 5 Autoclave dan 7 sterilisator yang dalam kondisi baik. Disamping itu peralatan pelayanan kesehatan gigi, bekerjaama dengan FKG USU, RSGM yang berfungsis ebagai sarana pendidikan memiliki peralatan pengajaran berkualitas tinggi seperti komputer, LCS, OHP, Film Viewer dan lain-lain.